Apa Itu Vitual Account Bank – Penjelasan, Cara Kerja, dan Manfaat

Apa Itu Virtual Account

Istilah virtual account atau akun virtual bank selanjutnya biasa disingkat VA = Virtual Account. Istilah ini tidak lagi asing bagi pengguna layanan transaksi digital, keberadaannya dirasa sangat memudahkan para pelaku bisnis dan konsumen dalam menjembatani tansaksi digital yang belakangan ini semakin marak.

Trend traksansi online terus meningkat, seiring dengan kemajuan di bidang teknologi dan meleknya kesadaran masyarakat akan fungsi dan kemudahan yang ditawarkan. ini terbukti dengan peningkatan drastis jumlah transaksi di e-commerce dan transaksi lainnya sebesar 99% mencapai 548 juta transaksi dengan nominal mencapai Rp 88 triliun di kuartal satu tahun 2021 ini.

Baca Juga : Nomor Whatsapp SiCepat Klik Untuk Transaksi via Whatsapp

Penjelasan Virtual Account

Gambar Ilustrasi Virtual Account Bank

Virtual Account atau rekening bank virtual adalah sekumpulan nomor atau ID yang dapat digunakan untuk mengirim / mentransfer uang sebagai mana rekening bank pada umumnya.
Nomor Virtual Account dibuat oleh Bank Penyedia atas permintaan perusahaan atau pelaku usaha yang biasanya digunakan untuk tansaksi konsumer untuk mendapatkan layanan yang ditawarkan dengan jenis tertentu sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Ditelepon 188, Nomor apakah? Malah Suruh Upgrade Ke Kartu Halo

Jenis jenis Virtual Account

Untuk jenisnya sendiri akun bank virtual / virtual account terdiri dari 2 jenis, dengan tujuan dan sistem yang berbeda, berikut adalah penjelasannya :

  1. Fixed virtual account
    Adalah jenis virtual account yang berisi nomor statis / tidak berubah yang dapat digunakan untuk transaksi berulang, jenis ini hampir mirip dengan penggunaan akun rekening bank pada umumnya, dimana pengguna harus memasukan nominal transfer saat melakukan transaksi.

Penggunaan Fixed Firtual Account banyak digunakan dan ditemukan pada proses berulang pengisian saldo (top-up) pada layanan e-wallet seperti ovo, gopay, dana dll.

  1. Non-fixed virtual account
    Berbeda dari jenis sebelumnya, Non-fixed virtual account adalah sekumpulan nomor kode rekning yang tidak tetap dan dapat digunakan hanya sekali saja,

Pada jenis ini detail nominal trasnfer sudah tertera, jadi pengirim hanya cukup memasukan nomor virtual, dan mencocokan nama pada akun virtual dengan nominal yang sudah tertera.

Metode ini banyak digunakan pada metode pembayaran e-commerce seperti Tokopedia, bukalapak, shopee, dll. Karena jumlah nominal belanja yang berbeda-beda maka metode ini sangat efektif dan efisien.

Baca Juga :  Cara Edit Video Twitter dengan @VideoEditBot

Manfaat Menggunakan Virtual Account

Dibanding akun rekening bank biasa, penggunaan virtual account pada transaksi digital dirasa lebih efektif dan efisien, karena ada beberapa keunggulan yang tidak didapatkan dari rekening bank biasa, berikut adalah detailnya :

  1. Pembayaran Otomatis Terverifikasi
    Jika pembayaran transfer bank biasanya memerlukan proses verifikasi untuk menentukan transaksi tersebut sah atau tidak, dimana pengirim dana/uang mengirim bukti transfer seperti resi dll. kepada pihak yang menerima pembayaran, kemudian penerima akan menentukan bahwa proses transfer tersebut sak atau tidak.

Dengan Virtual Account hal ribet diatas tidak lagi, karena sistem akan secara otomatis mencatat data trasfer yang terintegrasi dengan akun pengguna lalu dalam sekejap transaksi diterima.

  1. Tidak Perlu Mementukan Nominal
    Hal sepele seperti penentuan nominal sudah ditangani dengan baik pada jenis virtual acoount non-fixed, meski sederhana kesalahan dalam pemnentuan jumlah biasanya akan berdampak pada proses verifikasi seperti disebutkan dalam poin 1 diatas.
    Jadi dengan fitur ini pengguna dimudahkan dengan hanya cukup memasukan nomor virtual akun, detail transaksi sudah tertera bahkan dengan nama yang sterintegrasi dengan akun bersangkutan.
  2. Support Banyak Metode Pembayaran Bank
    Seiring perkembangannya, bank mengembangkan banyak platform dalam nemenuhi kebutuhan transaksi nasabahnya, dengan menghadirkan layanan bank, ATM, sms banking, Internet banking, Mobile Banking, dan istilah lain yang berbeda pada semua lini perangkat yang bisa dijangkau nasabah.
Baca Juga :  INKSCAPE Software Desain - Kelebihan dan Kekurangan

Dengan banyaknya platform untuk melaksanakan transaksi, keistimewaan Virtual Account bisa dinikmati dengan platform transaksi yang disebutkan diatas, jadi tidak perlu mendatangi kantor bank, untuk transaki menggunakan virtual accoun, pengguna bisa menggunakan ATM, SMS Banking, dan mobile banking.

  1. Banyak Bank Penyedia.
    Untuk di Indonesia sendiri, banyak pihak bank yang telah mensupport keberadaan virtual account, bank-bank yang sudah bisa menggunakan virtual account diantaranya Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, Bank Permata, Maybank.

Nah, demikian lah pembahasan tentang pengertian virtual account, jenis virtual account, kelebihannya serta kemudahan yang didapat.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *