Mengatasi Catridge Tinta Tidak Terdeteksi Pada Printer Canon

Salam, Selamat sore.
Bagi anda yang kesehariannya selalu berurusan dengan peralatan perkantoran, seperti menyusun laporan, membuat tugas kuliah, membuat skipsi, dan lain sebagainya. Mungkin terkadang kita memerlukan hardcopy atau data printout sebagai bukti fisik.
Namun apa jadinya kalau alat untuk print-out (printer) yang kita gunakan bisa berabe jadinya, apalagi saat-saat kita dikejad deadline bisa berantakan kalau tidak terselesaikan hanya gara-gara printer yang ngadat. Seperti halnya yang saya alami dengan printer Canon IP 2770 yang mengalami masalah dengan tintanya. karena printer Canon IP 2770 ini masih menggunkan tinta injek alias suntikan, maka masalah ini sering muncul. Masalahnya pada Printer Canon IP2770 adalah Catridge (dibaca “KATRID“, tempat penampungan tinta) yang tidak terdeteksi saat selesai mengisi ulang tinta atau saat-saat tertentu jika sedang ngadat. Karena salah satu catridge atau mungkin keduanya tidak terdeteksi oleh printer sehingga menyebabkan error dan membuat proses print out terganggu, jadi gak bisa print dech..!!
Biasanya printer akan mengeluarka pesan pop-up untuk meberitahukan masalh tersebut dengan memberikan pesan “The following ink has run out. Color <CL-811> atau Color <BK-810>. Replace the ink catridge and close the cover. if bla-bla bla-bla bla bla….” dan seterusnya sampai selesai.
Adanya masalah ini mungkin kita sering bertanya “Ada apa ini?” padahal tinta dalam catridge masih banyak  bahkan baru saja isi ulang dan tidak ada masalah, tapi kok gak ke detec catridgenya ? apa mungkin rusak, atau ..? 

Wah, Jangan panik dulu, apalagi buru-buru ganti Catridge tintanya. mengingat harga catridge Canon yang lumayan mahal, mending kita cari solusi dulu. Nah, disini kita punya penyelesaian masalahnya. Untuk masalah Catridge Canon yang tidak terdeteksi baik yang warna ataupun yang hitam, oke langsung kita bahas.

Untuk masalah catridge  yang tidak terdeteksi pada printer canon silahkan bisa coba cara-cara berikut.

1. MEMBUKA DAN MEMASANG KEMBALI CATRIDGE
Salah satu faktor yang menyebabkan catridge printer canon tidak terdeteksi bisa jadi karena catridge yang baru saja kita ini ulang kurang pas saat memasangnya kembali, hingga menyebabkan catridge tidak terdeteksi dengan baik. Nah untuk solusinya kita harus coba membuka cartidge tersebut dan memasangnya kembali, pastikan catridge tersebut sudah terpasang dengan baik. Setelah selesai, tutup cover printernya dan silahkan coba untuk print document kembali.

2. MEMBERSIHKAN TINTA YANG BLEPOTAN PADA CATRIDGE.
Kalau sudah coba membuka catridge dan memasang nya kembali karena dikhawatirkan pemasangan yang tidak pas seperti yang di ulas pada point satu (1) diatas. Tapi kok kenapa masalah “ink catridge has run out” atau catridge tinta pada printer ini masih belum terselesaikan, Nah disini kita masih ada solusi lain.
Selain karena pemasangan yang tidak tepat, kemungkinan masalah ini karena keadaan catridge yang kotor oleh sisa-sisa tinta saat isi ulang, atau mungkin karena banjir tintanya (kayak sungai aja :D), hingga menyebabkan sisa-sisa tinta tersebut mengotori catridge dan menyebabkan tidak terdeteksi oleh printer, nah untuk problem seperti ini troubleshoot problem (pemecahan masalahnya) kita harus mebersihkan catridge terlebih dahulu.

Silahkan buka Cover Printer dan ambil catridge yang bermasalah, bersihkan Catridge dari tinta yang nempel pada catridge hingga bersih. Awas, hati-hati saat membersihkan catridge tersebut, usahakan menggunakan tisu atau kain yang mempunyai tekstur yang lembuuut. takut rusak, beli lagi mahal !, hehe.
Setelah dianggap sudah bersih, silahkan pasang kembali dengan benar pada tempatnya. tutup kembali covernya dan silahkan mencoba untuk ngeprint dokument lagi, kalo masih belum bisa silahkan malihat solusi pada point 3.


3. MENEKAN TOBOL “RESUME”.
Kalau percobaan penyelesaian masalah sudah dicoba seperti pada poin 1 dan 2, tapi printer masih saja terjadi error dan mengeluarkan pesan bahwa catridge tidak terdeteksi.
Masalah tidak terdeteksinya Catridge Tinta pada printer canon ini bisanya selain menampilkan pesan berupa popup juga ditandai dengan Blinking (berkedip-kedip) lampu kuning pada tombol “RESUME”. Nah, kalo memang sudah dicoba penyelsaian diatas, tapi masih tetap saja. sekarang kita menuju pada solusi terakhir.
setelah mebersihkan dan  memasang dengan baik catridge, jika lampu kuning pada tombol “RESUME” tetap berkedip, berarti masalah ini belum selesai, tahap terakhir agar fix adalah dengan cara “Menekan tombol resume tersebut selama kurang-lebih 5 (lima) detik” baru kita lepaskan. Hal ini mungkin ditujukan untuk mengkonfigurasi dan memberi tahu printer bahwa telah ada pemasangan catridge baru pada printer.
Setelah tombol dilepas, biasanya lampu “resume” sudah tidak berkedip lagi. Bisa dipastikan catridge sudah terbaca dan terdeteksi dengan baik oleh perangkat printernya. Silahkan tutup cover printernya dan coba print dokumet kembali.

Sekian semoga bermanfaat dan semoga berhasil, kalo ada pertanyaan atau point yang tidak difahami, silahkan sampaikan melalui komentar. Admin akan menanggapi dengan baik. 
Salam.
Baca Juga :  Aplikasi Pelacak Penerbangan Live Seluruh Dunia

98 tanggapan untuk “Mengatasi Catridge Tinta Tidak Terdeteksi Pada Printer Canon”

gan printer saya cannon ip 7270 sudah di infus , tapi ada notification indikator tintanya habis, padahal masih banyak gan tintanya. terus hasil printernya kadang tidak sesuai.
minta solusinya gan πŸ™‚

Agan pake tinta Ori apa nggak.. perlu diketaui pada printer CANON tinta non-ori gak bakalan terdeteksi dan tetap saja kosong di indikator printer, meskipun sudah diisi penuh..
so jangan heran gan..

Gak mau juga gan… udah ketiga cara ane coba.. artinya pilihan ke emapt nieh gan??? Ganti Katride?? padahal baru isi ulang sekali.. :((

Ngisinya pake tinta ori canon gak gan..? Perlu di ketahui, catridge canon hanya mendeteksi tinta original dri canon sendiri, bila kita menggunakan tinta selain canon yang ori indikator tinta akan selalau menampilkan keadaan kosong.. ITU WAJAR..
so gunakan tinta & catridge ori canon jika mau sesuai

Makasih infonya mas,cuma ya printer aku kan tipe nya juga ip2770,nah tinta hitam aku masih penuh,tapi gamau di print. Aku udah nyoba yg tekan tombol resume kan,cuma tinta berwarna yang keluar,tinta hitam nya kagak. Itu gmna ya mas? Makasih

gan kalau saat print buram/samar" itu di apanya ya.
udah saya cek pake tisu keluar tintanya.
tapi saat print hasilnya buram" gtu , padahal sdah isi tinta refill 3 hari yang lalu.

itu di apanya ya gan?
berbagai maintance sudah aku lakukan
cleaning , deepcleaning , nozzle cek nya masih bagus .
print yang saya gunakan CANON IP2870S

Terma kasih gan

Kemungkinan besar penyakitnya terdapat pada catridge. Saya juga pernah mengalami seperti itu, bahkan saya pernah merendam cartridge di air hangat, tapi problem seperti itu tetap saja tejadi.
Mungkin solusi satu-satunya yang terbaik ganti catridge.

Kemungkinan tintanya sudah kering jadi tidak bisa keluar….
Masalah kayak gini ya pernah ngalamin, dan sebagai eksperimen saya merendam cartridge di air hangat dan hasilnya sukses…
Untuk agan saya tidak menyarankan… Tapi kalo mau coba silahkan.. but DIWYR..

Saya baru beli canon MG2570S . Setelah saya isi ulang lampunya masih menyala. Pakai cara 1&2 juga tetap saja. Tapi di printer saya gak ada tombol resume. Kalau printer tipe saya tekan yang mana ya kalau cara 1&2 tetap tidak bisa ?

Alhamdulillah tips nya berhasil disaya. Sempat panik karna cartridge nya baru tapi kok baru sekali isi ulang udah error, jdi curiga jangan2 catridge yg sebelumnya sebenarnya jga belum rusak. Hehe. Btw terima kasih banyak untuk tips nya yaa, berguna sekali.

Gan mau nanya, wktu saya mau scan tinta hitam nya keluar tpi gak jelas dan putus putus, tpi pas wktu saya mau print dgn kualitas standar normal2 aja gan, itu kenapa ya? Mohon bantuan nya πŸ™‚

halo gan, saya mau share saja. saya pakai Canon PIXMA MG3620… nah saya sudah beli baru tinta color original, nah setelah dipasang pertama kali, terdeteksi kosong dan printer berkedip, kemudian sudah saya coba anjuran agan, tapi masih sama…karena covid,selama covid ini printer tidak terpakai sama sekali. dan setelah 15 hari kemudian service center buka dan saya langsung bawa ke canon service center, setelah dicek kata mereka printer kondisi normal, malah mereka ajukan penawaran untuk membeli tinta baru black dan color, dikarenakan saat ini sisa tinta tinggal sedikit. saya pun terkejut, untuk yang black memang tinggal sedikit tetapi yang color baru saya pasang, karena penasaran saya tanyakan pada penjual tinta, mereka menjamin 100% ori, tapi karena sudah 15 hari baru menghubungi penjual jadi tidak bisa klaim garansi, nah saya kembali ke service center bahwa tita tsb belum digunakan, tetapi versi mereka tetap bahwa isi tinta tinggal sedikit jadi selalu terdeteksi kosong, lalu mereka memberikan trik jika saat print terdeteksi empty dan printer berkdeip silakan di tekan stop/reset dan memang hasil print tetap keluar, seperti yang mereka demokan ke saya. setelah sampai rumah saya praktekan memang bisa, kurang lebih hampir 2 bulan tinta color yang bermasalah ini akhirnya benar2 habis, dan saya selalu pakai trik itu pada saat print muncul notifikasi tinta habis, oh yah service center menginformasikan kemungkinan tinta tersebut dijual dalam kondisi bekas / pernah terpakai, jadi jika saat beli tinta BARU dan ORIGINAL dan saat pemasangan pertama kali printer berkedip dan muncul terdeteksi kosong silakan langsung ditukar, itu tandanya tinta bekas/palsu, penjual juga infokan hal yang sama, penjual juga info kan keadaan original dan baru. karena penasaran saya hubungi pihak penjual juga, kenapa bisa seperti itu, masih penuh tapi terdeteksi kosong, info penjual, kemungkinan tempat cathridge nya error atau sudah rusak, nah ini membuat saya binggung disisi service center printer bilang printer dalam kondisi normal, dari sisi penjual bilang ada part yang rusak… nah saat ini tinta warna habis, dan untuk membutikan perkataan service center salah atau benar, saya akan beli langsung dari canon service center(ini pertama kali beli langsung ke canon service center). oh yah penjual ini saya sudah berlangganan lama, jadi bisa dibilang saya percaya sama mereka, tapi saya akan lakukan pengecekan dengan membeli tinta dari service center, nanti saya share hasil nya, kalao saat pertama di pasang berkedip, yah berarti printer nya ada masalah… sekian terima kasih

Terima kasih untuk sharingnya @kirana..
Untuk cara menekan tombol reset itu sudah dijelaskan di atas pada point terakhir, hanya saja untuk versi lawas tombol yg digunakan adalah tombol resume, yang gunanya untuk mengkonfigurasi pemasangan catridge baru..

BTW.. ditunggu lanjutan ceritanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *