Kok Kenapa Laptop Baru Gak Ada Port VGA?

Seperti yang diulas pada postingan sebelumnya bahwa VGA akan semakin tersingkirkan dengan adanya inovasi dan kecanggihan HDMI. lihat juga  Sejarah dan perkembangan HDMI, ini akan berdampak pada standar Video Graphic global dan menuntut pasar elektronik untuk menerapkannya, alhasil perlahan port VGA tidak lagi digunakan padahal penggunaanya masi sangat banyak dimanfaatkan. kemajuan teknologi tak secepat pasaran hingga pemerataan pengguna akan akan lambat dan akan berdampak pada kita

Bagi anda yang mempunyai atau baru membeli laptop / notebook keluaran baru mungkin sebagian menjumpai laptop anda tidak tersedia port VGA melainkan hanya ada port HDMI saja, hal ini tentu membingungkan, apalagi bagi anda yang sering menggunakan proyektor untuk presentase sedangkan colokan proyektor atau kabel infokusnya masi menggunakan kabel port VGA baca juga Mengatasi Laptop / Notebook Yang Tidak Konek Proyektor (Infocus).  Tidak ada masalah mungkin jika proyektor atau LCD yang hendak kita gunakan telah tersedia sambungan HDMI ini akan sangat mudah kita hanya tinggal menggunakan kabel HDMI saja untuk menyambungkan denga Perangkan Ifocus atau LCD, inilah kekurangan dari laptop keluaran baru yang hanya menggunakan Port HDMI saja, silahkan perhatikan perbedaan berikut :
LAPTOP LAMA

Pada perangkat laptop lama biasanya Port/ Colokan VGA masih tersedia bahkan HDMI pun sudah tersedia. jadi biasanya pada laptop keluaran lama dua-duanya masi ada. VGA ada dan HDMI juga ada, jadi gak terlalu kesusahan jika kita tidak mempunyai sambungan salah satunya. karena kita masi punya sambungan lain.

LAPTOP BARU

Nah pada laptop baru masalah kadang timbul, karena pada laptop keluaran baru-baru ini, ada beberapa produk yang tidak lagi menyertakan Port VGA. melainkan hanya mempunyai port HDMI saja, ini bisa membuat sedikit kesulitan bagi kita yang tidak  mempunyai koneksi HDMi dengan Infokus atau perangkat lainnya.
Disini kita harus hati-hati juga saat membeli produk baru, jika kita tidak ingin disusahkan dengan produk ter-update sedangkan peralatan yang kita punyai belum UPDATE (hehe). 
Lantas bagaimana solusinya ? untuk dapat menyambungkan dengan VGA kita harus menggunakan alat tambahan seperti converter, yaitu HDMI to VGA. Kalo masi bingung bagaimana bentuk converter tersebut, silahkan perhatikan gambar disamping kanan, begitulah bentuknya!, dengan alat ini kita akan bisa menyambungkan HDMI dengan VGA. nah bagi anda yang kesulitan saat mau presentasi tapi malah Lptop anda tidak tersedia port VGA. HDMI to VGA akan menjadi penolong anda.
Baca Juga :
Mengatasi Laptop / Notebook Yang Tidak Konek Proyektor (Infocus)
Penggunaan VGA Hampir Punah (VGA vs HDMI)Sejarah dan perkembangan HDMI
Sekian semoga membantu 

64 thoughts on “Kok Kenapa Laptop Baru Gak Ada Port VGA?”

  1. Itu adionya masuk ke HDMI mbak bak Ariani, seting aja sound playbacknya supaya ke speaker.
    Klik kanan pada gambar speaker sebelah kanan bawah (deket icon sinyal). trus pilih payback sound, terus tentuin speaker mana yang mau di jadiin default outputnya….

  2. gan saya kmrn baru beli converter dan saya gunakan di persentase klas , 2-3 mnit hidup , trus kedap kedip hidup mati di proyektor nya, saya cabut lalu pasang lg , kejadian ny sama lg
    mnurut agan solusi ny gmn? apa harus bli baru?

  3. Kok punya ngak jadi ya saat menyambungkan laptop ke proyektor dengan kabel HDMI. Apa ada cara menyambungkan atau pemgaturan tertentunya??

  4. Brdasarkn pngalaman saya.itu bisa jg krn "duri2" di kabel VGAnya sdh pd goyang..jadinya kabel VGA getar sdikit saja, hasilnya gbr kedip2..solusinya..ganti kabel VGA.nya.tks

  5. Brdasarkn pngalaman saya.itu bisa jg krn "duri2" di kabel VGAnya sdh pd goyang..jadinya kabel VGA getar sdikit saja, hasilnya gbr kedip2..solusinya..ganti kabel VGA.nya.tks

  6. Kak laptop saya ada VGA tapi kok bru disambungin di kabel VGA di kelas malah VGA di laptop saya trlalu semput ?memangnya kabel VGA itu ad variasi ukuran ya kak ?

  7. Sepengetahuan saya jenis port VGA cuma ada satu dengan jumlah lubang/pin 15 biji.. adapun yng hampir sama bentuknya itu kabel DVI. kalo masalah sempit wajar saja gan, itu memang seperti itu desainnya biar kuat.. itu tandanya masih perawan, kalo udah gak sempit janda dong.. hehe.. "

  8. mas. laptop sudah bisa terhubung ke proyektor, tapi ketika laptop nya sudah digunakan malah yang tampil diproyektor hanya walpaper dan tidak menikuti apa yang tampil dilaptop, itu yang salah laptop atau proyektor??? terimakasih

  9. Maap gan.goe punya laptop lenovo,kemarin salah unistall program.yang terunistall adalah intel hd grafics, yang jadi maslahnya adlah,sekarang leptop goe tak bisa konek dngan INFOCUS,gimana solusinya??????

  10. Maap gan.goe punya laptop lenovo,kemarin salah unistall program.yang terunistall adalah intel hd grafics, yang jadi maslahnya adlah,sekarang leptop goe tak bisa konek dngan INFOCUS,gimana solusinya??????

  11. Boss mw tanya,,,
    Saya punya leptop toshiba, cuman pas saya colokin smbung untuk lcdnya, leptopnya langsung mati total, kira2 apanya yang rusak? Terimakasih.

  12. Boss mw tanya,,,
    Saya punya leptop toshiba, cuman pas saya colokin smbung untuk lcdnya, leptopnya langsung mati total, kira2 apanya yang rusak? Terimakasih.

  13. Laptop saya lenovo 10 inchi.. Utk bisa disambung ke infocus atau proyektor harus pakai kabel hdmi karena gak ada VGA.. Tapi kenapa di layar proyektor tampilannya kecil? Bagaimana cara settingnya agar tampilannya tetap full layar?

  14. Laptop saya lenovo 10 inchi.. Utk bisa disambung ke infocus atau proyektor harus pakai kabel hdmi karena gak ada VGA.. Tapi kenapa di layar proyektor tampilannya kecil? Bagaimana cara settingnya agar tampilannya tetap full layar?

  15. selamat siang gan,
    kalau kita langsung menggunakan kabel hdmi yang ujung nya vga( hdmi to vga) tampa menggunakan comverter bisa g ya…

    terima kasih sebelumnya..

  16. Gan, laptop dosen saya hp keluaran baru (lupa type nya), udah pake converter tapi di proyektor masih no signal, udah dicoba kabel vga yang lain tapi tetep aja kenapa ya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *