Apakah Aman menghapus Folder AMD ?

Halo sobat..!

Lama sekali saya sudah tidak membuat kontent pada blog ini, karena beberapa urusan offline dan ini itu yang nggak jelas hingga blog reyot ini tidak terurus 😀

Oke pada kesempatan kali ini nggak ada yang spesial, saya hanya ingin berbagi tips yang saya alami, pada laptop AMD saya. kerena perangkat saya hanya mempunyai penyimpanan yang kecil, sehingga penyimpanan penuh, dan setelah saya cek salah satu folder dengan penyimpanan yang lumanayn besar adalah folder amd tepatnya pada direktory C:\AMD.

Apa itu Folder C:\AMD

Folder amd adalah kumpulan file instalasi, driver, dan package komponen lain yang didownload melalui aplikasi amd. Jadi saat software amd melakukan update baik driver software konfigurasi dll, dia akan menyimpan file tersebut dalam direktory amd sebelum akhirnya dieksekusi atau diinstall.

Kok bisa ada disitu gimana ceritanya?

Baca Juga :  Cara Print Dokument Berurutan 1 2 3 (Print Dari Belakang)

Simpe nya gini, software atau aplikasi yang kita download dari internet atau melalui software official sperti amd baik yang berekstensi .exe atau .msi merupakan file kompresi bukan file single seperti halnya file .zip .rar dll, sehingga membuat paket instalasi menjadi ringan atau kecil ukurannya, dan pada saat proses instalasi, semua komponen yang ada dal pckage tersebut dikeluarkan / di ekstak, dan untuk amd dalam hal ini bisanya menyimpan hasil ectract dalam direktory c – amd. dan setelah proses isntalasi selesai, file konfigurasi dan instalasi akan disimpan sesuai tempat dan arsitektur perangkat masing masing, jadi hampir bisa dikatakan folder c/amd sudah tidak digunakan lagi. penjelasan ini pula yang disampaikan dalam video ini lebih detail.

dan berikut adalah contoh folder amd

source : communidty.amd.com

Lalu apakah aman jika folder amd kita hapus?

Amankah menghapus folder AMD?

Dan seperti yang saya ceritakan sebelumnya, bahawa pada perangkat saya pun folder amd banyak memakan penyimpanan, hingga timbul lah pertanyaan dibenak saya, apakah aman jika saya menghapus folder amd pada direktory c>amd tersebut?

Baca Juga :  Menggunakan / Menukarkan Tiket Kereta Api Yang diBeli di Alfamart atau Indomaret

Dan disinilah petualangnan saya pun dimulai, dari beberapa forum dan sumber yang saya telusuri bahkan dari official forumnya AMD menyatakan boleh atau aman untuk menghapus folder AMD tersebut, untuk sumbernya bisa dibaca disini

Pada salah satu jawaban menyatakan, aman menghapus folder-folder tersebut bahkan tidak perlu menggunakan addu atau software unistaller untuk mnghapusnya, seperti itu yang saya fahami.

Saya mencoba Hapus Folder AMD?

Dan tanpa ragu lagi saya langsung eksekusi penghapusan untuk semua komponen dalam folder amd? bisa dilihat ini adalah folder amd pada drive C saya yang memankan space sebesar 3.80 GB, yah lumayan lah ukuran segitu untuk sekedar menyimpan foto-foto dapat banyak :D.

Baca Juga :  Cara Terbaru Instal Adobe Flash Player Di Windows

nah ini dia penampakannya

Bagaimana cara menghapus foler AMD?

Kalo saya sih main sederhana saja, block semua folder dan file (ctrl+A) pada direktori amd dan hapus.. itu saja,

Lalu apa yang terjadi setelah saya hapus folder Amd?

Sejauh ini aman-aman saja, tidak ada software crash, gangguan system atau kendala lainnya, karena memang software instalasi amd yang sudah terpasang sudah disalin ke folder yang semestinya seperti yang syaa bilang tadi, dan folder ini hanya hasil ekstrak dan penyimpanan sementara saja.

Kesimpulan

Jadi Kesimpulannya adalah aman jika anda hendak menghapus folder amd pada drive C, tidak akan mengalami gangguan atau crash pada software AMD atau pada system.

Sekian untuk sharing iseng saya kali ini semoga penjelasna ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda yang membutuhkan.

terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *