Apa Itu Mekanisme Antikythera ? (Penjelasan & Sejarah)

Apa Itu Mekanisme Antikythera ? atau Antikythera mechanism  (Penjelasan & Sejarah)
Saat membuka halaman google pada hari ini, tepatnya hari selasa 17/05/2017. disambut dengan tampilan logo google doodles dengan gambar yang aneh, dan saat kita klik langsung diarahkan pada pencarian dengan kata kunci “what is the Antikythera mechanism?” yang artinya “Apa itu Mekanisme  Antikythera?”.
Tampaknya Hari ini bertepatan dengan 115 Tahun hari ditemukannya sebuah mesin aneh yang dinamakan Antikythera mechanism,  jika anda ingin tahu lebih jelas tentang apa sich Antikythera mechanism, atau Mekanisme Antikythera simak penjelasan berikut ๐Ÿ˜€

Pengertian Dan Penjelasan Mekanisme Antikythera:

Mekanisme Antikythera adalah nama yang diberikan untuk sebuah benda misterius yang ditemukan oleh para penyelam abad ke 20 yang mengekspedisi puing-puing kapal keram yang tenggelam sekitar tahun 80 SM di perairan pulau Antikythera menuju Roma.
Benda tersebut memang terlihat aneh, bentuknya seperti jam Waker dengan kombinasi gear-gear (roda gigi) dari besi. 
Namun setelah di teliti lebih mendalam oleh ilmuwan yang berasal dari Universitas Cardiff, team tingkat dunia untuk meneliti benda misterius tersebut, akhirnya mereka menyimpulkan bahwa benda tersebut adalah kalkulator astronomi pra sejarah atau komputer analog kuno berumur dua ribu tahun. yang kemudian disebut lah Antikythera mechanism karena ditemukan di pulau Antikythera.

Lalu Apa Fungsi Mekanisme Antikythera.?

Setelah penelitian lebih mendalam oleh Derek John De Solla Price, disimpulkan bahwa benda misterius Antikythera mechanism adalah benda atau alat ukur astronom yang digunakan untuk menghitung dan mengukur pergerakan bintang-bintang dan pelanet. dan dikenallah benda ini sebagai KALKULATOR ASTRONOMI.
Menurut penelitian  alat tersebut mampu melakukan penghitungan astronomi secara luar biasa tepat. Kalkulator ini mampu melacak jejak bulan dan matahari pada rasi bintang, penghitungan gerhana secara tepat, pergerakan orbit bulan yang tidak umum serta posisi planet. WOOOW..
Ternyata.. teknologi Yunani kuno telah maju jauh melampaui perkiraan. Tidak ada peradaban yang mampu menciptakan suatu benda yang begitu rumit semacam ini dalam ribuan tahun yang lalu.

Professor Edmund berkata,โ€œAlat ini luar biasa, hanya satu-satunya. Disainnya indah, perhitungan astronominya juga luar biasa tepat. Siapapun bisa ternganga bila menyaksikannya, alat ini telah diciptakan dengan penuh ketelitian.โ€.

Dari kecanggihan alat tersebut membuat para ilmuan utuk menusunnya, menduplikat bahkan ingin mengembangkan teklologi kuno Antikythera Mechanism.

Sejarah Antikythera Mechanism (Penelitian, Rekonstruksi dan Pengembangan)

Sejak ditemukan oleh para penyelam abad 20 di sekitar pulau Mechanism, dan diteliti oleh para ilmuan, Komputer kuno sebagai kalkulator astronomo tersebut menantang para ilmuan untuk meneliti lebih dalam, akhirnya mereka mencoba untuk menyusun ulang pecahan mesin aneh tersebut sembari mempelajarinya lebih dalam

Adalah Dr.Tony Freeth dari Universitas Matematika dan Prof.Mike Edmunds dari Universitas Fisika Astronomi sebagai orang yang pertama kali mengetahui Antikythera Mechanism, Sekarang mereka percaya mereka telah menemukan rahasia misteri mengenai bagaimana mesin misterius tersebut dapat bekerja hal ini bekerja. dan berikut adalah gambaran / skema bagaimana mesin astronomi tersebut dapat bekerja :

Profesor Michael Edmunds dari Cardiff University, yang memimpin sebuah studi tahun 2005-2006 meneliti mekanisme itu dengan mesin CAT-scan yang canggih untuk menghasilkan gambar sinar-X tiga dimensi beresolusi tinggi.

Mereka menyusun ulang ulang kalkulator astronomi dengan penuh kehati-hatian demi bisa membuktikan dan mengetahui fungsi dan sistem kerja alat tersebut.
Komputer raksasa Hewlett-Packard juga ikut membantu menyediakan teknologi pencitraan untuk menampilkan permukaan mesin secara detail. Mekanisme alat ini tersusun kembali dari 70 bagian, dan secara tepat dipasang seperti kondisi awalnya.

Saat selesai direkonstruksi, mereka mengemukakan informasi baru tentang cara kerja mekanisme itu. Ketika si pengguna memutar kenopnya, setidaknya 30 roda gigi yang saling terhubung mengaktifkan tiga piringan di bagian depan dan belakang kotak. Ini memungkinkan si pengguna memprediksi siklus astronomis, termasuk gerhana.

LUAR BIASA…
Dan akhirnya para ilmuan memperkenalkan alat ini pada konferensi internasional 2 hari di Athena dan Jurnal Nature. Mereka berharap untuk menciptakan model komputer tentang bagaimana mesin ini bekerja, dan replikanya yang dapat bekerja seperti aslinya.

Antikythera Mechanism ini kini disimpan di Museum Arkeologi Nasional, Athena (Yunani).

Sekian Informasi Tentang Antikythera Mechanism, semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Referensi :

  • https://bamssatria22.wordpress.com/2014/02/26/komputer-purba/
  • http://siradel.blogspot.co.id/2010/10/antikythera-mechanism-kalkulator.html
  • https://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/102009091#h=16
  • Dan Berbagai Sumber

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top